Tips Merawat Cartrigde Inkjet

Berikut tips merawat cartrigde inkjet dari saya :

1.Disaranakan memperhatikan hasil cetak jangan sampai tinta pada cartrigde habis total karena akan menutup capiler pada head.

2.Usahakan gunakan printer seminggu 3x agar tidak teerjadi penutupan capiler pada head.

3.Jangan biarkan cartrigde pada udara terbuka karena akan membuat pengerakan tinta pada head.
4.Jangan paksa printer bekerja keras misalkan jika mau ngeprint banyak misalnya 200 lembar jangan langsung print 200 lembar tetapi dikasih jeda misalnya 25 lembar terus diamkan dulu printer sekitar 2 menit terus lanjutkan lagi print nya begitu seterusnya.
5.Apabila cartrigde tidak mencetak / hasil bergaris / tulisan putus putus disebabkan adanya kerak tinta pada head gunakan tisu yang dibasahkan dengan air panas untuk membersihkan head agar lebih cepat ditiup / dipush pada lubang pengisian tinta dengan menggunakan alat, misalnya alat suntik seperti gambar berikut :





Atau bersihkan head dengan mesin ultrasonik, tapi alat ini harganya mahal tetapi cartrigde terjamin tidak rusak daripada dengan menggunakan alat suntik, sebab biasanya kalau menggunakan alat suntik jika tidak hati hati sirkuit pada cartrigde mati/tidak terdeteksi oleh printer.

Gambar mesin ultrasonik yang sederhana :


Cara penggunaan alat ini cukup sederhana tinggal masukkan cartrigde ke alat tersebut tapi jangan sampai air melebihi/mengenai sirkuit cartrigde, kemudian atur berapa waktu yang akan diperlukan untuk membersihkan lalu tekan tombol powernya. Setelah selesai bersihkan cartrigde dengan tisu.


Sumber : Pengalaman Pribadi
Previous
Next Post »