Refill PG 830 & 40

Alat yang dibutuhkan :

1.Bor listrik kecil
2.Alat Suntik
3.Tinta inkjet black, cyan, magenta, yellow
4.Timbangan digital




Langkah – langkah refill :
1. Buka penutup printer, tunggu sampai cartridge ke posisi kiri, lepas cartridge dari printer.



2. Timbang cartridge lihat berapa berat kosongnya biasanya 30gr kalau penuh 41gr untuk PG 830 tapi untuk PG 40 bisa sampai 47gr.



Untuk gambar diatas kita tinggal mengisi 3ml saja jangan sampai melebihi dari 41 karena akan bocor, jadi sesuaikan dengan sisa tintanya.

3. Buka label cartridge kemudian bor cartridge dengan menggunakan alat bor, yang perlu diperhatikan hati - hati dalam mengebornya jangan sampai mengenai busanya.



4, Suntikkan tinta ke dalam lubang cartridge yang kita buat tadi dengan volume sesuai ukuran kapasitas. jarum suntik harus ditancapkan sampai dasar cartridge dan ditarik kurang lebih 3mm dari dasar cartridge dan suntik pelan-pellan agar spon mempunyai waktu menyerap tinta.




5. Setelah selesai mengisi tinta langkah selajutnya adalah melakukan test print.


Jika hasil kurang bagus atau bergaris bisa dilihat pada postingan saya sebelumnya sudah ada, dan biasanya minta resume dan indicator tinta sudah tidak kelihatan/tidak terdeteksi tapi abaikan saja toh masih juga bisa ngeprint. Untuk cara resume juga sudah saya posting sebelumnya. 
langkah – langkah refill ini hanya bisa diterapkan pada cartridge warna hitam seperti canon PG 40, PG 830, BCI 02, BCI 03, BCI 20, Hp 21, Hp 27, Hp 56, Hp 60 B, tetapi untuk Hp tidak perlu di bor karena sudah ada lubangnya.


Sumber : Pengalaman Pribadi
Previous
Next Post »